-->

5 CIRI BURUNG KACER YANG BAGUS UNTUK LOMBA


Burung kacer memiliki ciri khas berwarna hitam . Burung Kacer merupakan burung yang bagus untuk burung rumahan ataupun untuk lomba . Karena burung jenis ini mudah untuk di rawat serta jenis makanan.a sangat mudah untuk di cari . Burung kacer memiliki banyak jenis , yaitu jenis kacer dada putih dan juga dada hitam .

Burung kacer memiliki tipikal strong ketika sedang berbunyi karena memiliki suara yang keras dan nyaring , burung yang gemar makan jangrik ini merupakan jenis burung fighter yang dapat diandalkan ketika digantang diperlombaan .

Bicara tentang ciri kacer yang bagus , tak semua jenis kacer dapat memperlihatkan ciri bahwa burung tersebut merupakan jenis kacer yang bagus, tetapi dari sebagian cirinya dapat di lihat bahwa burung itu mempunyai potensi yang tidak ada pada burung kacer yang lain, tetapi secara umum tidak bisa dipastikan secara langsung bahwa burung itu adalah burung kacer yang bagus dikarenakan cara perawatan dan memeliharanya merupakan aspek yang sangat penting , karena aspek yang ada pada diri kacer yang bagus , mungkin akan hilang bila  perawatan kita pada burung kacer tidak baik serta berkesan asal asalan oleh karena itu bila mau memperoleh burung kacer juara yang bagus harus memiliki ciri-ciri fisik sebagai berikut :

JANTAN

Sebagai penghobi baru burung KACER pasti sangat sulit untuk membedakan antara jantan dan betina . Tapi , kita mesti cermat dalam memilih burung yang akan kita beli dikarenakan hanya burung kacer jantan saja yang memiliki suara yang bagus ,suaranya kencang serta merdu. jadi pastikan kacer yang akan kita pelihara adalah kacer jantan . Ciri umumnya kacer jantan memiliki tubuh yang lebih besar , serta memiliki postur yang lebih tinggi .

BENTUK PARUH

Ciri kedua yang bisa anda buat tips/acuan ketika memilih burung kacer adalah bentuk paruhnya. di anjurkan anda memilih kacer yang mempunyai paruh berpangkal lebar, panjang dan besar,serta memiliki nafsu makan yang besar hal ini menunjukan bahwa burung tersebut sehat . Jangan memilih burung yang mempunyai bentuk paruh bengkok serta lubang hidungnya dekat dengan mata karena burung tersebut memiliki suara yang kurang bagus serta volume suaranya pelan .

BENTUK KEPALA

Burung kacer yang bagus memiliki ciri kepala kotak dan besar serta memiliki mata yang bundar dan besar hal ini mencerminkan burung tersebut memiliki mental yang bagus serta memiliki sifat petarung / fighter ketika di tempel dengan burung kacer lain.

BENTUK BADAN

Burung kacer yang baik mempunyai badan yg tidak terlalu besar dan tdk terlalu kecil (sedang ). Leher, kaki dan ekornya juga tampak pas atau seimbang. Jangan memilih burung yang terlihat seperti membungkuk ( pendek ) karena durasinya kurang bagus serta suaranya kurang memiliki power .

SAYAP DAN KAKI

Bila anda mencari burung yang bagus, pastikan kacer mempunyai sayap yang mengepit dengan rapat dan kakinya dapat mencengkeram dengan kuat. Bila anda berpatokan pada warna kaki, sebenarnya tidak dapat di jadikan patokan untuk memilih burung kacer, jadi tidak masalah memilih kaki kacer yang berwarna, asal tidak cacat kakinya. jangan memilih kacer yang memiliki sisik kaki lancip ( medang ) hal ini menandakan bahwa kacer tersebut sudah tua .

Ciri Kacer yang bagus dari Jenisnya

Jenis burung kacer Jawa

Jenis burung yang satu merupakan ciri ciri kacer bagus untuk lomba yaitu jenis burung kacer yang datang dari pulau Jawa khususnya dari jawa timur . ciri umum yang di miliki jenis burung yang satu ini yakni memiliki warna yang hitam pekat di semua badannya serta memiliki bentuk badan yang agak berisi , harga jualnya juga burung ini lumayan agak mahal apabila di banding dengan jenis burung kacer yang lainnya. Kacer jenis ini paling banyak di ternakkan , karena menjadi favorit untuk lomba gantangan .

Jenis burung kacer Tasik

Sesuai dengan namanya jenis burung yang satu ini berasal dari Tasikmalaya jawa barat . Kacer jenis ini memiliki ciri yanghampir sama dengan jenis burung jawa, untuk harganya jenis burung kacer ini lebih murah jika dibandingkan dengan kacer jawa .

Jenis burung kacer Kalimantan

Burung kacer asal kalimantan ini juga tidak kalah tangguh dengan jenis burung kacer yang lainnya, dan ciri Khasnya burung kacer ini memiliki warna putih di bagian bawah badannya atau warna putihnya itu diawali dari pangkal ekor hingga pangkal lehernya serta memiliki bentuk kepala yang agak oval (lonjong). Untuk jenis burung ini masih jarang di budidayakan (ternak) karena volume suaranya masih kalah bila di bandingkan dengan kacer jawa .

Ciri - ciri burung kacer diatas dapat dijadikan referensi bagi anda untuk memilih burung kacer serta jenis mana yang akan anda pilih untuk burung rumahan ataupun untuk lomba , apalagi saat ini sangat banyak lomba burung yang memperlombakan burung kacer .
Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.