-->

CARA MENGOBATI SUARA SERAK PADA BURUNG KICAU LOMBA

Burung Murai Batu
   Burung kicau merupakan jenis yang memiliki suara merdu , Karena suara merdu inilah yang membuat banyak penghobi burung kicau / kicau mania rela membeli burung kicau yang memiliki harga yang sangat mahal . Apalagi kalau burung tersebut sudah menjuarai berbagai lomba burung , pasti harganya akan semakin mahal  . Nah , dalam merawat burung kicau pastinya ada kendala-kendala yang harus dialami . Salah satunya adalah suara serak yang sering mengganggu burung-burung kicau terutama untuk burung kicau lomba seperti murai batu , cucak ijo, love bird , jalak suren , kacer maupun burung pleci .

   Suara serak pastinya sangatlah meresahkan bagi sobat kicau mania , meskipun sudah di lakukan perawatan yang maksimal . Pasti akan timbul pertanyaan-pertanyaan bagaimana mengobati suara burung yang serak . Sebelumnya kita juga harus mengetahui apa saja penyebabnya , berikut beberapa penyebab burung kicau bersuara serak beserta penanganannya . Salah satu penyebab burung bersuara serak adalah burung kicau anda terkena  Psittacosis dengan kata lain kehilangan suara di sebabkan terkena infeksi pada pernafasan,Terus bagaimanakah solusi yang tepat untuk menanganinya salah satunya adalah dengan mengetahui pemicu jenis penyakit tersebut dan selanjutnya cara untuk mengobatinya,

Solusi Untuk Mengobati Burung Yang Sedang Serak

Setelah kita tahu penyebabnya kita juga harus tahu jenis penyakitnya agar  kita mampu mencegah  agar burung tidak terulang lagi terkena penyakit yang sama pada masa yang akan datang  . Berikut penyabab serta Solusi Untuk yang tepat Mengobati suara Burung Yang Sedang Serak.

1.  Psittacosis

Psittacosis adalah salah - satu pemicu suara burung menjadi serak atau bisa dikatakan pula burung tersebut kehilangan suara. yang bisa di artikan penyakit langka yang biasanya ditularkan burung terhadap manusia karena terkena kuman yang bernama chlamydia psittaci.

- Jenis - Jenis  penyebaran penyakit Psittacosi.

Sebagian besar infeksi terjadi pada saat orang menghirup kuman tersebut secara tidak sengaja. rata-rata kuman tersebut berasal dari kotoran kering burung yang terkena infeksi kemudian menginfeksi mannusia setelah itu menular ke burung kicau di rumah . beberapa jenis burung yang rawan terhadap infeksi tersebut adalah  kacer, cucak ijo juga murai batu .

- Ciri - Ciri Burung Terkena psittacosis

Setelah terinfeksi kuman tersebut selama kurang lebih 4-9 hari , barulah burung kicau menunjukkan gejala-gejalanya seperti kelihatan lesu, kehilangan suara atau serak. dan tidak sedikit pula memiliki gejalan seperti burung bersin-bersin atau batuk terlebih sukar bernafas, beringus, dan terkadang di barengi dengan gejala mencret.

- Solusi Untuk Mengobati Burung Yang Sedang Serak

* Pertama - Pisahkan burung kita yang terkena infeksi dari burung lainnya agar tidak tertular penyakit ini kemudian di obati dengan antibiotik dan jangan lupa juga kuman yang menempel pada sangkar burung tersebut harus cepat - cepat dibasmi dengan cara sangkar di bersihkan dengan sabun supaya kuman-kumannya mati.

* Untuk mengobati burung yang terkena serangan psittacosis atau terkena serak yang mengakibatkan suara pada burung tersebut hilang dapat diberikan birdblown dengan rutin setiap hari dan tentunya baca dulu cara penggunannya ,lihat dosis pemakaiannya.

2.  Infeksi Lain Saluran Pada Pernafasan

Tidak hanya serak atau hilang suara karena psittacosis, serangan parasit serta mikroba lain di saluran pernafasan dapat juga mengakibatkan burung kicau anda serak atau kehilangan suara. Untuk cara penyembuhannya yaitu dengan memberikan birdtwitter. Birdtwitter yakni larutan oral yang mempunyai kandungan zat antiparasit baik ekstro maupun endo pemicu sesak nafas untuk mengobati burung serak dalam berbunyi.

Demikianlah cara mengobati suara burung kicau yang serak , semoga bermanfaat untuk sobat kicau mania.

Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.