-->

CARA MELAKUKAN PERAWATAN INDUKAN BURUNG PLECI UNTUK TERNAK

Burung pleci merupakan salah satu burung kicau favorit para kicau mania. Apabila anda sedang melakukan proses breeding atau berternak burung pleci tetapi mengalami kesulitan dalam melakukan perawatan terhadap indukan burung pleci anda atau bahkan anda yang baru akan memulai berternak burung pleci , berikut ini ada beberapa cara melakukan perawatan indukan burung pleci untuk ternak , mulai dari awal penjodohan .


sepasang burung pleci,indukan pleci
Proses Penjodohan

Ketika burung sudah siap dan terlihat saling cocok untuk disatukan dalam satu sangkar untuk dikawinkan, maka dalam tahapan ini, perawatan merupakan kunci sukses tidaknya proses penjodohan kedua calon indukan burung Pleci tersebut.

Perawatan sendiri meliputi pemberian pakan yang menunjang proses ternak karena asupan makanan yang kita berikan sangat mempengaruhi indukan burung pleci serta perawatan sangkarnya. Tetapi untuk lebih detail dan jelasnya, silahkan Anda simak uraiannya di bawah ini :


PERAWATAN  INDUKAN PLECI SELAMA MASA BREEDING

    Jika burung pleci sudah mulai terlihat mempersiapkan sangkarnya dengan menggigit-gigit rumput kering atau tali-tali bambu kecil, maka proses penjemuran bisa dilakukan dengan memisahkan keduanya dengan saling tidak lihat agar semakin merangsang birahi kedua burung untuk melakukan perkawinan .

    Berikan pakan yang bernutrisi baik seperti kroto, ulat hongkong atau potongan jangkrik kecil-kecil, untuk buah bisa diberikan, pisang, apel atau sawo. Selama proses ini pastikan air dalam kandang cukup karena ketika proses ini metabolisme burung sangat tinggi , catatan : tempat minum jangan terlalu besar , karena akan digunakan mandi burung hal ini akan sangat mengganggu kondisi birahi burung .

    Hentikan pemberian buah seperti mentimun, jeruk atau pepaya.
    Beri tambahan pakan seperti tulang ikan sotong yang banyak mengandung kalsium atau bisa juga cangkang dari telur ayam yang sudah dihaluskan untuk dicampur dengan voernya.
    Penjemuran rutin ketika pagi dan dilakukan dengan terpisah, kira-kira 1-2 jam, setelah penjemuran burung masih dipisahkan sebentar untuk dianginkan hingga kering .
    Anda bisa memberikan doping alami untuk burung pleci agar kondisinya tetap fit

    Setelah selesai penjemuran kemudian dinetralkan dengan dianginkan, kedua indukan pleci yang sedang dijodohkan bisa Anda satukan kembali dalam satu sangkar kemudian burung diisolasi atau ditempatkan di ruangan atau tempat yang sepi dan tidak ada burung lain, supaya tidak mengganggu proses pembuahan , shg proses pembuahan dapat terjadi dan lancar .
     Ketika burung sudah bertelur dan melakukan proses pengeraman jauhkan dari suara bising serta  pemberian pakan dan minum jangan sampai telat .


Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.