-->

CARA MENINGKATKAN DURASI BURUNG PLECI SAAT LOMBA

Banyak manfaat ketika mengumbar Pleci pada sangkar umbaran yang lebih luas dari sangkar hariannya karena dianggap mampu membuat durasi suara Pleci lebih panjang serta dipercaya dapat melatih Pleci cepat ngeplong.

Banyak cara yang dilakukan oleh Pleci mania untuk mengumbar burung Pleci pada kandang umbaran, mulai dengan menggunakan sangkar besi tiga tingkat hingga membuat  kandang umbaran sendiri yang di buat dari kawat Ram persegi empat.

sangkar umbaran pleci
sangkar umbaran

Waktu yang tepat pengumbaran burung Pleci

Waktu pengumbaran burung Pleci bisa dilakukan sebelum burung dijemur yaitu setelah pengembunan, untuk lamanya pengumbaran bisa Anda lakukan dengan cara berikut ini :

    Apabila burung pleci anda tergolong baru diumbar,maka ketika melakukan pengumbaran hanya di lakukan dalam durasi 5 s/d 15 menit saja. Jangan terlalu lama karena burung belum terbiasa berterbangan kesana kemari ketika di taruh dalam sangkar umbaran .
    Sedangkang untuk burung Pleci yang sudah terbiasa diumbar, lamanya durasi pengumbaran bisa dilakukan selama 30 s/d 60 menit lamanya.

Hal yang perlu diperhatikan saat melakukan pengumbaran

    Jangan umbar burung Pleci jika dalam kondisi kurang fit atau sakit,karena memaksa burung yang sakit ke dalam sangkar umbaran justru akan berakibat burung akan menjadi semakin sakit.
    Apabila ketika burung dalam sangkar umbaran, jika burung pleci terlihat malas loncat dan terbang, maka pengusiran dari tangkringan satu ke tangkringan lainnya bisa dilakukan supaya burung tidak malas / hanya bertengger saja.
    Ketika melakukan pengusiran ,Lakukan dengan halus dan tidak kasar yang bisa menakuti burung hal ini malah akan merusak burung pleci.
    Cepuk air minum tetap perlu diletakkan di dalam sangkar umbaran, jangan kosongan karena kasian burung kehausan tetapi tidak bisa minum karena air minum malah tidak tersedia di dalam sangkarnya.

  Proses umbaran hanya merupakan salah satu pola perawatan untuk burung Pleci supaya cepat ngeplong dan memiliki nafas yang lebih panjang dan kuat sehingga ketika berkicau durasinya bisa menjadi semakin lama, pola perawatan harian lainnya juga turut membantu moncer atau tidaknya burung tersebut ketika dibawa ke kontes/arena lomba burung. Semoga bermanfaat untuk kita semua .

Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.