-->

CARA MENGOBATI BURUNG KICAU YANG MENCRET

Burung Pleci Diare

Pada umumnya penyakit mencret atau berak kapur pada burung berkicau itu berasal dari kebersihan kandangnya , Apabila kandang burung tersebut bersih pasti burungnya pun akan sehat serta rajin berkicau . Namun bila kandang tersebut kotor banyak kotorannya dan jarang di bersihkan pastinya burung kicau kita akan rentan terkena berbagai penyakit seperti diare / mencret dan suara serak. Karena apabila kita malas membersihkan kandang serta kotoran menumpuk pasti akan banyak sekali bakteri , jamur serta mikroba yang mengakibatkan burung kicau kita mudah terkena diare / mencret .

Berikut cara dan solusi mengobati burung yang mencret.

Terkadang orang yang memiliki burung kicau yang terserang mencret mereka banyak mengeluh kalau burung kesayangannya sakit diare / mencret serta malas buat makan.  khususnya pada burung - burung kicau seperti kacer, murai batu, anis merah, kenari, pleci serta burung kicauan lainnya dan bagaimana solusinya untuk mengobati burung  yang sedang mengalami mencret ataupun diare tersebut. berikut adalah Solusi Untuk Mengobati Burung Mencret

* Penyebab Burung Berkicau Mencret

Sebagaimana halnya manusia, ternyata burungpun dapat juga mengalami sakit diare atau mencret. salah satu faktor penyebabnya adalah karena  kurang terjaga kebersihan sangkar, apalagi dalam hal membersihkan kotoran burung, mangkuk minum, makanan burung. di Samping itu situasi lingkungan pun dapat mempengaruhi kesehatan pada burung.
Oleh karena itu selalu waspada ketika cuaca tengah tak bersahabat terutama di saat musim pancaroba  (panas, mendung, hujan kemudian panas lagi).

* Solusi Mengobati Burung Kicau Yang Terkena Mencret

Di saat burung kicau kita sudah terlanjur mencret hal pertama yang harus kita lakukan adalah langsung mengobatinya karena bila berlarut-larut bisa menyebabkan kematian. Untuk mengobati burung kicau yang sedang mencret terlebih dahulu kita pisahkan dulu dengan burung yang lain(karantina), sebab jika tidak kita pisahkan maka dapat menular ke burung lain yang  sehat.

- Berikan obat / Anti biotik.
- Cuci kandang dengan air sabun supaya kuman-kuman yang menempel mati.
- Hentikan pemberian doping serta burung jangan di mandikan terlebih dahulu.
- Ganti makanan dan minuman dengan yang baru.
- Jangan tempatkan burung pada tempat yang lembab.
- Perbanyak pemberian Extra Food seperti kroto , jangkrik maupun ulat.
- Hentikan penjemuran / perbanyak di angin-anginkan di tempat yang teduh.


 Ketika kita memelihara burung kicau alangkah baiknya kita merawatnya dengan baik seperti pemberian pakan dan minum serta tetap menjaga kebersihan sangkar dari kotoran burung tersebut dan tetap selalu memberikan obat atau antibiotik pada burung kita agar terhindar dari  penyakit diare ataupun mencret pada burung kesayangan kita.

Semoga bermanfaat ,Terima Kasih . Salam Kicau Mania


Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.