-->

CARA MENJAGA KONDISI BURUNG PLECI TETAP PRIMA

burung pleci
burung pleci

Burung Pleci merupakan burung kicau mungil yang memiliki ciri khas berwarna hijau dengan lingkar mata putih . Burung ini termasuk burung pemakan segala mulai dari serangga kecil , hingga buah-buahan sehingga burung ini mudah dirawat ketika di jadikan burung kicauan di rumah kita . Di alam liar burung ini tergolong burung yang hidup secara bergerombol dan berkoloni ketika mencari makan dari satu tempat ke tempat lainnya dan dalam koloni tersebut terdapat satu pejantan yang memimpin koloni tersebut .

koloni burung pleci
koloni

Namun pertanyaannya sekarang bagaimana jika Pleci sudah diperlihara di dalam sangkar rumahan, apakah masih perlu di koloni dengan burung Pleci rumahan lainnya seperti di alam bebasnya ?. Jika masih perlu dikoloni dengan Pleci peliharaan lainnya, tentu kita juga ingin mengetahui manfaat serta tujuan membawa burung Pleci berkoloni ?

Berikut ini ada beberapa tips dari Pleci mania yaitu cara menjaga kondisi burung pleci tetap prima yang cukup bermanfaat dan bisa menjadi referensi buat kawan-kawan Pleman semua mengenai manfaat dan tujuan membawa burung berkoloni beramai-ramai :

Manfaat  mengkoloni Pleci rumahan.

    Pertama, koloni dianggap bisa membuat Pleci seolah-olah sedang berkoloni dengan Pleci lainnya di alam bebas . Dengan koloni, Pleman menganggap burung bisa diredam ketika akan berkicau keras dan ngeplong sementara waktu selama dalam kondisi dikoloni.
    Koloni juga dianggap bisa melatih serta meningkatkan mental burung sehingga terbiasa dengan keramaian sekitarnya sehingga apabila di gantangkan di arena perlombaan burung sudah terbiasa dan tidak demam panggung.
    Banyak Pleci mania yang menganggapbahwa membawa Pleci berkoloni mampu menurunkan birahi burung yang sedang OB / Over birahi sehingga dapat menjaga kondisi burung ke top performancenya . Sebaiknya melakukan koloni dilakukan secara rutin selain mempererat silaturahmi pleci mania hal ini juga dapat menjaga kondisi burung pleci kita tetap bagus .

Cara mengkoloni Pleci.

    Biasanya, acara koloni burung Pleci dilakukan dengan menjejerkan sangkar-sangkar Pleci dengan sangkar lainnya saling berhimpitan satu sama lain.

    Ada juga yang mengkoloni burung Pleci dengan cara mencampurnya menjadi satu dalam sangkar umbaran selama beberapa jam hal ini juga salah satu cara meningkatkan durasi burung pleci saat lomba. Pleci dicampur menjadi satu bersama pleci betina, untulan dan jagoannya. Sehingga setelah berkoloni kondisi burung dapat fresh kembali . Tapi perlu di ingat ketika melakukan koloni di sangkar umbaran perhatikan kapasitas kandangnya jangan sampai terlalu padat karena dapat mengakibatkan burung stres .
Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.