-->

CARA MUDAH BERTERNAK BURUNG PLECI UNTUK PEMULA

burung pleci


Burung pleci saat ini merupakan salah satu jenis burung kicau yang sedang menjadi primadona di kalangan kicau mania . Selain perawatannya yang mudah , burung ini juga gampang ketika di lakukan pemasteran suara burung lain karena burung ini termasuk tipe burung yang cerdas . Meski burung ini memiliki fisik yang kecil akan tetapi burung ini memiliki suara yang istimewa yaitu tembakannya yang keras . Daya tarik inilah yang membuat para kicau mania jatuh hati .


Ternak atau breeding burung Pleci dalam beberapa tahun ini memang mulai ngetrend dan cukup digemari oleh pleci mania. Selain untuk mensiasati berkurangnya populasi burung Pleci di alam liar, burung Pleci hasil ternakan juga dipercaya lebih cepat bunyi dan lebih mudah diatur masteran suaranya. Bila anda ingin berternak burung pleci ada beberapa hal yang harus anda persiapkan , Diantaranya :

PEMILIHAN CALON INDUKAN PLECI

Untuk menghasilkan bibit burung pleci yang bagus di perlukan indukan yang bagus pula .Karena anakan burung pleci hasil ternakan , 90 % genetiknya akan mengikuti genetik induknya . Untuk indukan pleci  pilihlah indukan yang bagus , hal ini dapat dilihat dari mental serta suara burung . pilihlah burung yang sering menjuarai perlombaan karena kualitasnya sudah terbukti . Ketika menyiapkan calon indukan untuk ternak Pleci perlu dilakukan beberapa tahap penting saat menjodohkan burung supaya mau kawin dan bertelur. Berikut ini adalah cara mudah berternak burung pleci untuk pemula:

PROSES PENJODOHAN CALON INDUKAN PLECI


    Siapkan calon indukan burung Pleci yang sudah siap ternak untuk dijodohkan, akan lebih baik jika burung sudah berumur sedang, tidak terlalu muda dan terlalu tua , kisaran 6-8 bulan. Selalu jejerkan sangkar kedua burung jantan dan betina calon indukan agar terbiasa satu sama lain sehingga dapat mempercepat adanya kemistri pada kedua burung .


  PROSES PENJEMURAN DI LETAKKAN SECARA BERJEJER RAPAT


    Jika mulai terlihat ada kecocokan satu sama lain, coba Anda pisahkan keduanya untuk tidak saling lihat tetapi masih bisa mendengar suaranya.Jika keduanya sudah saling panggil dan saling sahut, berarti calon sepasang indukan menandakan ada kecocokan.
    Pada saat penjemuran, kedua burung pleci yang sedang dijodohkan selalu ditermpelkan sangkarnya untuk lebih mempercepat penjodohannya.
    Selama masa penjodohan, berikan pakan yang mengandung protein tinggi seperti kroto maupun ulet hongkong.


burung pleci
 Jika dirasa proses perjodohan sudah mengalami ada kemajuan dan kedua burung sudah terlihat cocok hal ini dapat dilihat ketika burung saling bercumbu , proses penyatuan ke dalam sangkar breeding dengan sangkar untuk bertelur bisa coba dilakukan selama 3 s/d 6 hari. Jauhkan calon indukan dengan burung pleci lain agar calon indukan tidak terganggu dengan adanya suara-suara burung pleci lain . Dalam tahap ini cara melakukan perawatan indukan burung pleci untuk ternak harus baik dan benar agar proses penjodohan berjalan dengan lancar.


    Nah, jika calon indukan terlihat sudah mulai mengigit-gigit bahan untuk membuat sarang, maka yang perlu Anda lakukan adalah mendongkrak pakan dengan pakan yang bisa menaikkan birahi burung Seperti kroto , tulang sotong atau ulat hongkong.

Sesekali proses pemisahan juga bisa dilakukan selama masa perkawinan, proses ini bertujuan untuk semakin memancing burung melakukan perkawinan untuk pembuahan. Sehingga indukan untuk burung pleci bisa cepat bertelur .

Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.