-->

6 CARA MERAWAT BURUNG PLECI UNTUK LOMBA SAAT MABUNG

Burung Pleci Saat Mabung Lebih Banyak Diam/malas berkicau .


Mabung atau proses pergantian bulu pada burung merupakan salah satu proses alamiah yang dialami burung ,  Dan proses mabung pasti akan dialami oleh semua burung tak terkecuali burung pleci kita karena sudah menjadi sifat alaminya.

 Proses mabung biasanya memakan waktu 2-3 mingguan . Apabila bulu pada burung pleci sudah banyak yang rusak / kusam , ini bisa di jadikan pertanda bahwa burung pleci kita akan berganti bulu / mabung .

Biasanya burung pada saat mengalami mabung kondisinya akan menurun, karena saat pergantian bulu tersebut kondisi badan burung akan terasa seperti demam panas dingin sehingga burung lebih sering diam / tidak mau berkicau seperti biasanya. Sehingga pada saat-saat mabung tersebut, banyak pemilik burung pleci akan memperlakukan perawatan istimewa pada burung peliharaannya yang sedang mengalami masa mabung, misalnya dengan : mengkerodong sangkarnya, memberinya pakan EF ekstra yang lebih dari biasanya atau mengistirahatkan burung pleci jagoannya dari berbagai kegiatan lomba.
Cara Merawat Burung Pleci untuk burung Pleci lomba saat mabung.

Beberapa penghobi burung Pleci / pleci mania ada yang memperlakukan Pleci jagoannya dengan perawatan yang istimewa saat burung  sedang proses mabung, namun ada juga yang memperlakukan biasa saja. Dan berikut salah satu cara merawat Pleci lomba saat sedang mengalami masa mabung, Berikut ini cara perawatannya :

    1. Perawatan harian biasa saja, seperti biasanya hanya porsi Ekstra Fooding ditambah pemberiannya, stop dulu pemberian kroto.
    2.  Hentikan dulu pemberian doping / suplemen karena pada saat mabung metabolisme burung kurang baik .
    3. Apabila burung memiliki untulan , jangan di taruh dalam satu kandang dulu karena dapat mempengaruhi mental burung jagoan anda , serta yang dapat terjadi malah burung gacho kita untuk lomba malah di serang untulannya . Hal semacam ini harus dihindari karena dapat menjadikan mental burung pleci jagoan kita down.
    4. Penjemuran dan mandi tetap dilakukan seperti biasanya, hanya durasi penjemuran jangan terlalu lama di perbanyak di angin-anginkan saja di tempat yang teduh .
    5.  Pengkerodongan bisa dilakukan namun cukup dilakukan pada malam hari saja, siang diperlakukan seperti biasanya.
    6. Untuk tetap menjaga dan melatih mentalnya saat sedang mabung, burung tetap saja dibawa ke arena lomba atau berkoloni dengan burung pleci lain minimal 1 minggu sekali. Bila di ikutkan lomba saat kondisi mabung jangan berharap menang, karena membawa burung mabung ke arena lomba hanya bertujuan melatih mentalnya selama mabung .

Karena pada masa mabung burung dalam keadaan kurang top perform, jadi Sobat pleci mania harus bersabar  jangan berharap burung akan menang atau bisa juara. Tujuan membawa burung mabung mengikuti lomba adalah supaya burung tidak turun mentalnya / tidak demam panggung saat di bawa ke arena perlombaan setelah mabungnya usai. Demikian cara merawat burung pleci yang sedang mabung , semoga bermanfaat untuk kita semua .

Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.