-->

CARA BERTERNAK BURUNG LOVE BIRD DARI AWAL SAMPAI BERHASIL

ternak love bird
Berternak Love Bird
Burung love bird akhir-akhir ini menjadi primadona bagi para kicau mania . Bahkan karena banyaknya peminat terutama para penggemar burung kicau, banyak pedagang burung yang mengalami kekurangan stock untuk burung love bird dewasa maupun anakan (paud) . Sehingga tidak mengherankan apabila saat ini banyak peternak burung love bird. Bagi peternak pemula tentunya akan mengalami kesulitan ketika beternak burung love bird, Bahkan meski indukan sudah bertelur tapi malah telur tidak mau menetas/gagal. Berikut Cara Berternak Burung Love Bird Dari Awal Sampai Berhasil.

Cara Berternak Burung Love Bird Dari Awal Sampai Berhasil.

Pemilihan Indukan


Pilihlah indukan love bird yang memiliki body besar, nafsu makan baik, sehat dan tidak cacat , Untuk pejantannya harus yang gacor karena anakan akan mengikuti genetik pejantannya. Pilih pejantan yang sudah memasuki masa kawin kisaran umurnya 8 bulan . Indukan betinanya burung yang sehat , body besar , sudah memasuki usia kawin (9 bulan keatas) serta birahinya bagus agar indukannya nanti cepat kawin dan bertelur.

Pembuatan kandang perjodohan dan gelodok


Biasanya proses penjodohan memerlukan waktu kurang lebih 1-2 minggu. Setelah perjodohan berhasil  sekarang saatnya mempersiapkan kandang untuk ternak dan gelodoknya ( kandang kayu ) untuk bertelur. ukuran kotak untuk gelodok idealnya berukuran 20cmx20cmx30cm dan untuk kadangnya (kandang besi ) yang berukuran 50cmx60cmx80cm, kandang di beri tempat bertengger 2-3 buah. Jangan lupa untuk menyiapkan bahan sarang bisa berupa daun cemara kering, serutan kayu maupun rumput kering karena pada saat bertelur sang betina biasanya akan mencari bahan sarang untuk menghangatkan telurnya yang diletakkan pada gelodok.

Proses Pengeraman Love Bird


Pada proses ini jaga agar lingkungan kandang tenang (jauhkan dari suara bising) supaya lovebird tidak stres serta dapat fokus mengeram dan mendapatkan hasil terbaik. Dianjurkan agar jangan terlalu sering melihat-lihat situasi kandang atau malah megang telurnya karena banyak breeder biasanya penasaran atau tidak sabar menunggu telur burung lovebird menetas. Proses pengeraman 21 sampai 25 hari dan itulah saatnya proses penetasan.Tetapi ketika telur tersebut tidak menetas setelah 26 hari kemungkinan telur tersebut tidak menetas/zonk dan segera di ambil agar lovebird bisa bertelur lagi. Apabila anda mau mengecek untuk mengetahui kondisi telur tersebut, anda dapat mengambil telur tersebut lalu anda pecahkan, apabila kondisi telur tersebut masih utuh, masih ada putih dan kuning telurnya berarti telur tersebut tidak dibuahi. Namun apabila telur busuk berarti gagal dalam pengeramannya.

Persiapan Beternak Lovebird Setelah Burung Menetas


Makanan untuk indukan Burung lovebird


Makanan atau pakan untuk indukan burung lovebird sangat penting karena indukan lovebird akan melolohkan makanan yang dikomsumsinya kepada anakannya yang baru menetas,proses meloloh biasanya dilakukan oleh indukan jantan, jadi anda harus menjaga nutrisi  pakan untuk indukan lovebird . Saya menyarankan untuk memberi kangkung dan milet tetapi jika ingin mencoba varian lain anda biasa memberikanya juga seperti  kenari seed, biji sawi, jagung manis muda, kuaci, sawi maupun beras merah, serta jangan lupa untuk memberikan pakan Benelux Primus lovebird yang penting untuk indukan dan anakannya karena mengandung nutrisi yang komplet dan sangat di butuhkan ketika berternak burung lovebird.


Makanan untuk anakan Lovebird


Makanan untuk anakan lovebird anda bisa memberikan bubur bayi instant.Cara membuatnya Bubur bayi dicampur dengan air hangat, jangan terlalu panas dan jangan dingin kemudian aduk sampai rata. anda dapat menyuapinya dengan jarum suntik  ataupun dengan plastik yang di lubangi pada bagian ujungnya tergantung kenyaman si lovebird dan anda sendiri ketika menyuapinya. Kita dapat mengambil anakan dari indukannya  ketika sudah berumur 13-18 hari . Pemberian pakan untuk anakannya dapat dilakukan minimal tiap 4-5jam sekali. Setelah anak lovebird sudah berusia empat minggu, anda bisa melatihnya untuk makan sendiri. Makanan yang diberikan dapat berupa buah yang di potong kecil-kecil, sayuran, telur rebus. Ketika memberi makan perhatikan kandangnya karena ada beberapa kejadian anakan burung love bird mati karena di makan semut.


Semoga penjelasan diatas dapat membantu anda dalam berternak burung love bird , di perlukan kesabaran dan ketekunan agar dapat sukses dalam berternak burung love bird. Apalagi jika nantinya anakan burung lovebird tersebut di peruntukan untuk gacho di arena lomba . Tentunya cara merawat burung love bird juara lomba juga harus selalu di perhatikan . Sekian dari saya,  Salam Kicau Mania. Terima Kasih
Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.