-->

CARA MENJINAKKAN BURUNG PLECI YANG GIRAS

burung pleci
burung pleci


Burung pleci merupakan salah satu burung kicau yang sedang booming saat ini , sehingga banyak breeder / peternak bahkan di pasar burung sekalian pun mengalami kekurangan stock burung pleci yang memiliki kualita bagus . Karena keterbatasan stock , maka sebagian pleman atau pleci mania mensiasatinya dengan membeli burung bahan bakalan dari ombyokan selain harganya yang lebih murah , kita juga bisa mendapat lebih banyak pilihan untuk mendapat burung pleci sesuai ciri yang kita inginkan .

Saat baru pertama kali kita beli tentu burung pleci bakalan dari ombyokan tadi masih giras / terbang kesana kemari bahkan sampai menabrak-nabrak bagian kandang ketika kita dekati atau saat kita memberi makan dan membersihkan kandang pleci. Tentu hal semacam itu sering membuat pleci mania jengkel , pasti dalam pikiran kita timbul keresahan mana mungkin burung yang seperti ini bisa berkicau dengan bagus / mengeluarkan kicau yang seperti kita harapkan . Tapi para pleci mania tidak usah resah serta bingung , berikut ada beberapa cara menjinakkan burung pleci yang giras menjadi jinak .

* Penjemuran Dan Penyemprotan

Penjemuran sangat efektif Membuat  burung Pleci yang giras menjadi lebih jinak . sebetulnya membuat burung pleci jinak tidak membutuhkan trik dan cara yang merepotkan, namun dapat dilakukan dengan mudah namun dibutuhkan sedikit kesabaran dalam melakukannya. 

 Berikut adalah tahapan-tahapannya :

pleci di mandikan
di semprot sampai basah kuyup

    Ketika pagi hari saat matahari terbit Semprot burung hingga benar-benar basah dan bulunya lengket tidak bisa terbang.
lakukan sentuhan lembut
lakukan sentuhan lembut

    Setelah burung terlihat basah dan tidak bisa terbang, Sobat bisa masukkan tangan untuk mengambil makanan, minuman atau sambil membersihkan dasar-dasar sangkarnya. Saat burung tidak bisa loncat/terbang, coba Sobat berikan sentuhan halus sesekali pada bagian kepalanya. Cukup lakukan penyentuhan beberapa kali saja, kemudian setelah memberi makan serta minum pada wadahnya dan sangkar dibersihkan, burung bisa dijemur dibawah sinar matahari secara langsung kurang lebih selama 2 jam .

pleci di pisahkan
burung pleci dipisahkan

Kemudian jauhkan kandang pleci dari burung lain , supaya burung menjadi tenang dan tidak saling sahut-sahutan . Proses penjemuran burung pleci di letakkan di tanah / di bawah , jangan di gantungkan di atas .
pleci di angin-anginkan
di angin-anginkan bersama 
  Setelah burung pleci kering barulah angin-anginkan bersama burung pleci lain .

  Lakukan cara tersebut setiap hari selama 2 s/d 3 minggu, dalam tempo waktu tersebut biasanya burung akan terlihat lebih tenang dan tidak ketakutan ketika sangkarnya kita dekati.Selain itu sobat pleci mania juga dapat memandikan burung pleci dimalam hari, Karena manfaat memandikan burung pleci dimalam hari juga dapat menjinakkan burung pleci yang giras. Demikian cara menjinakkan burung pleci yang giras semoga bermanfaat untuk kita semua , Terima Kasih.



Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.