-->

MAKANAN YANG TEPAT UNTUK BURUNG PLECI DI ARENA LOMBA

Burung Pleci yang sedang berkicau


Burung pleci ketika dialam bebas merupakan burung pemakan segala mulai dari buah hingga serangga kecil . Tapi sekarang ini sering kali para penghobi burung pleci lebih memilih memberi pakan buatan pabrik (voer) selain lebih praktis juga banyak tersedia di kios-kios penjual makanan burung . Padahal kebiasaan ini tidak baik untuk burung pleci kesayangan kita bila pemberian pakan tanpa mengimbanginya dengan pakan alaminya seperti buah segar .

Bagi penggemar burung Pleci sering terlihat resah ketika burung pleci kacamata kesayangannya ketika mengeluarkan kotoran hanya berupa air atau cairan saja, karena sebelumnya burung hanya diberi pakan nektar buatan saja tanpa diimbangi dengan pemberian nektar alami seperti buah-buahan berair = jeruk, anggur atau pepaya. Dan apabila burung pleci kita hanya di beri pakan buah-buahan berair saja seperti jeruk, pepaya atau anggur pada burung Pleci juga akan berakibat burung akan buang kotoran hanya berupa cairan agak kental berwarna yang menyerupai warna buah yang di konsumsinya seperti pepaya atau jeruk. Sehingga pemberian nektar alami dan nektar buatan harus di imbangi dengan pakan lain seperti ulat hongkong maupun voer .


Melihat kebiasaan burung pleci di alam liar

Burung Pleci tergolong jenis burung kecil, ketika di alam bebas Pleci hanya mengkonsumsi nektar-nektaran di dalam bunga-bunga, serangga kecil-kecil dan  jika memakan buah-buahan hanya akan memakan buah yang berkulit tipis, lunak, berair dan mudah untuk dipatuk oleh burung kecil saja.

Burung sebesar burung Pleci tentu akan kesulitan mematuk untuk melubangi buah pisang karena kulit buahnya yang tebal untuk ukuran paruh burung pleci, tidak seperti burung trucukan atau kutilang. Pleci hanya mampu memakan buah-buahan berair dan lunak saja dan nektar-nektar di dalam bebungaan.

Jadi pemberian buah-buahan berair, serangga kecil atau nektar-nektar buatan juga cukup baik dan direkomendasikan untuk burung Pleci karena kebiasaannya memakan jenis makanan tersebut di alam bebas. Tapi takarannya juga harus seimbang .

Pemberian nektar buatan.


Jika Sobat kesulitan mencari nektar alami, Sobat bisa memberikan madu untuk burung Pleci. Berikan madu yang baik dan akan lebih baik lagi jika menggunakan madu yang masih murni atau belum diberi campuran bahan-bahan lainnya. Meskipun mungkin sulit untuk mendapat madu yang masih alami.

Nah apabila madu tidak ada, anda dapat memberikian nektar buatan yang terbuat dari gula pasir dicampur dengan air kemudian dilarutkan juga bisa kita berikan pada Pleci. Ada beberapa penggemar burung pleci yang salah kaprah karena memberi minum burung plecinya dengan sirup . Jangan sekali-kali memberi minum burung pleci anda dengan larutan air yang di campur dengan sirup karena dapat merusak suara burung pleci anda , meski sirup mengandung sari buah tapi kandungannya sangat kecil kebanyakan hanya perisa butan .

Pemberian nektar alami


Untuk pemberian nektar alami anda bisa memberinya dengan buah seperti jeruk , anggur dan pepaya . Pemberian nektar alami juga sangat ampuh untuk recoveri stamina burung pleci setelah seharian di gantangkan di arena lomba . Pemberian buah di berikan ketika pagi hari agar burung pleci mendapat asupan yang maksimal .

Bagi anda penggemar burung pleci , harus memperhatikan asupan makanannya . pemberian nektar buatan dan alami juga harus seimbang supaya burung pleci kesayangan anda dapat berkicau di arena gantangan dengan maksimal .
Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.