-->

CARA BERTERNAK MURAI BATU DARI AWAL SAMPAI BERHASIL

burung murai sumatra

Burung murai batu saat ini sangatlah digemari oleh banyak penghobi burung kicau / kicau mania boleh dikatakan sedang naik daun. Dari beberapa jenis murai , murai batu yang paling banyak di cari yang aslinya dari hutan Sumatra (dengan sebutan murai medan, lampung sampai murai aceh) karena memiliki suara yang merdu serta volume suaranya juga lebih keras , untuk jenis murai dari lokasi Kalimantan kurang diminati para kicau mania karena kualitasnya masih kalah jika di bandingkan dengan burung murai sumatra . Untuk harga jualnya murai kalimantan juga masih  relatif di bawah dibanding dengan jenis murai yang berasal dari Sumatra.

Cara Beternak Murai Batu


Bedasarkan pengalaman banyak peternak murai batu, cara beternak murai batu terdapat beberapa tahapannya, yang perlu di perhatikan dalam memerankan usaha ternak ini, agar sukses tentunya. Terlebih untuk Anda seseorang pemula yang mau mencobanya.

Kesuksesan usaha ternak burung murai batu, tak terlepas dari pengetahuan Anda sendiri dalam melakoni usaha tersebut . Pemahaman serta wawasan mesti Anda kuasai, agar usaha ternak yang anda lakukan bisa jalan sama sesuai harapan.

Cara beternak murai batu susah-susah gampang. Bila Anda mau mencoba maka ada beberapa syarat yang perlu anda penuhi yaitu ; keterampilan, keuletan, kecermatan serta kesabaran. Berikut langkah dan tahapan yan perlu anda siapkan :

Lokasi Kandang

 - Tentukanlah tempat atau lokasi dimana indukan  akan di buatkan kandang untuk berternak. Pilihlah tempat yang ideal serta aman dari ganguan binatang liar ataupun pencuri.

    Disarankan kandang letaknya ada didekat rumah , baik dihalaman samping, depan maupun belakang agar perawatan serta pemantuannya lebih mudah .
    Upayakan di sekitar kandang untuk ternak tidak ada burung lain yang bisa menggagu serta  bikin burung mejadi stres serta tidak mau bereproduksi pastikan juga tidak ada suara bising yang dapat mengganggu .

Pembuatan Kandang

- Untuk membuat dan mendekorasi kandang anda dapat melakukanya sesuai dengan kemauan anda disarankan dapat menyerupai habitatnya di alam bebas.

* Pembentukan kandang sesuai sama tempat yang sudah anda siapkan sebelumnya, dengan ukuran minimum 100x120x2000 cm, maupun bisa sesuai dengan kemauan anda tapi ukurannya jangan terlalu sempit .

*  Bentuk kandang yang baik yaitu memiliki dasar langsung dengan tanah atau dapat pula dengan pasir yang sedikit dicampur dengan kapur, berperan untuk mengontrol keasaman kotoran yang bisa mengakibatkan kandang jadi lembab yang menyebabkan banyak penyakit.

 * Kandang harus disekat dengan tembok, triplek atau penyekat lainya, supaya suhu udara di dalam kandang terus terjaga serta terlepas dari ganguan tikus ataupun burung lainya.

* Saat pembuatan kandang ternak murai , kandang harus di beri ruangan terbuka agar kandang tetap mendapatkan penyinaran cahaya matahari yang cukup, dikarenakan penyinaran sangatlah baik untuk mejaga kesehatan burung.

 * Usahakan kandang terlindung dari hembusan angin yang kencang, dikarenakan hal semacam ini dapat mengakibatkan burung kaget bahkan membuat burung stres.

* Kandang yang baik semestinya diberikan aliran air untuk minum burung, dengan andanya aliran air bisa membuat burung mandi sehingga membuat burung semakin nyaman seperti di alam bebas.

* Siapkan sarang untuk tempat bertelur burung. Sarang yang disiapkan usahakan janganlah cuma satu macam tetapi baiknya siapkan 2-4 jenis. Agar burung dapat memilih sarang yang mana yang pas untuk burung itu.

* Untuk melindungi suhu ketika musim hujan, di dalam kandang disiapkan lampu ukuran 5/10 watt yang memiliki fungsi sebagai penerangan serta membuat burung tidak kedinginan ketika malam hari.

Memilih Indukan

 - Langkah yang paling penting dalam menangkarkan burung murai yakni langkah menentukan indukan yang bagus dan berkualitas. Untuk indukan Jantan pastikan pejantan yang bermutu yaitu memiliki suara keras (gacor) karena suara anakan burung murai nanti akan mengikuti pejantannya, tidak cacat fisik ataupun mental(tidak gampang stres), pejantan mesti berusia minimum satu tahun, dan juga tidak giras (jinak), postur tubuh yang ideal.

Menjodohkan

- Satu diantara proses yang paling rumit dan susah saat beternak murai batu yaitu proses penjodohan, dikarenakan calon induk jantan dan betina yang kelihatannya kelihatan sudah berjodoh, dapat saja sama sama membunuh saat disatukan dalam kandang penangkaran. Sebaiknya burung di letakkan di kandang yang berbeda , kemudian di letakkan secara berdekatan . Agar burung dapat lebih mengenal satu sama lain . Ketika burung jantan dan betina sudah memberi tanda-tanda tertarik satu sama lain barulah kedua burung di satukan dalam satu kandang . Amati kedua burung bila tidak saling menyerang berarti proses penjodohan telah berhasil .

Proses Pengeraman


 -  Ketika burung sudah kawin tentu tidak lama lagi burung murai akan bertelur . Biasanya burung murai bertelur 2-3 butir . Proses pengeraman memerlukan waktu kurang lebih 14 hari dan ketika proses pengeraman sudah memasuki hari kesepuluh atau empat hari sebelum menetas . Anda harus sering-sering mengecek sarangnya , apakah ada pecahan cangkang telur atau tidak . Bila terlihat pecahan cangkang telur cepat-cepat di ambil agar tidak di makan induknya .

Proses Meloloh


 -  Ketika beternak burung murai batu , maka Anda mesti memperhatikan pakan alami pada burung murai terlebih bila burung murai sedang meloloh pastinya akan memerlukan banyak makanan, Pakan dapat berupa serangga seperti jangkrik, cacing, ulat hongkong dan telur semut rangrang (kroto).   Pemberian tambahan pakan seperti voer juga mesti disiapkan supaya menjaga burung terus tesedia pakan, dikarenakan ketika pakan seperti serangga tidak ada atau habis maka burung dapat memakan voer tersebut. Ketika anakan sudah berumur 1,5 bulan maka burung sudah bisa makan sendiri dan anakan sudah bisa di pisahkan dari induknya dan di lakukan pemasteran . catatan : indukan jantan dan betina jangan di pisahkan agar indukan cepat kawin dan berproduksi lagi .


Cara Beternak murai batu kelihatannya mudah, tetapi ketekunan dan kesabaran mesti Anda miliki. Karena kesuksesan itu tidaklah instan dan mudah , wajar apabila di awal mengalami kegagalan-kegagalan . semoga tips di atas bermanfaat untuk kita semua .
Facebook Comments

0 comments



Powered by Blogger.